Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Kabel HDMI

3 min read

cara menyambungkan laptop ke tv

Cara Menyambungkan Laptop ke TV bisa dilakukan tanpa kabel dan dengan kabel HDMI. Selain untuk menonton, laptop yang sudah tersambung dapat juga untuk mempermudah di saat presentasi. Layar TV yang begitu besar dapat berfungsi dengan baik sebagai salah satu pengganti layar sebuah proyektor.

Tentunya dengan memastikan terlebih dahulu, bahwa untuk Windows di laptop, dan TV yang mau disambung telah mendukung. Beberapa televise keluaran lama belum mempunyai sebuah port HDMI, atau ada pula yang belum dapat tersambung dengan internet.

Baca Juga: Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online Lewat HP

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel dan Menggunakan Kabel HDMI

Berikut beberapa cara untuk menyambungkan laptop pada TV yang praktis dan sederhana.

Baca Juga:

1. Dengan Kabel HDMI

Ini adalah suatu cara termudah dimana untuk menghubungkan laptop kalian ke TV. Kabel HDMI bisa menangani audio serta video resolusi tinggi, jadi akan sangat bagus digunakan untuk streaming pada acara TV favorit.

Nyalakan untuk kedua perangkat lalu hubungkan menggunakan sebuah kabel HDMI. Lalu cukup pilih pada masukan HDMI yang tepat pada TV kalian dengan memakai remote control. Koneksi di antara kedua perangkat haruslah dibuat secara otomatis. Namun bila tidak, buka pada Pengaturan , pilih System, klik Display serta pastikan “TV” telah dipilih. Pada menu ini juga kalian dapat mengatur resolusi.Setelah selesai, tekan pada tombol Windows lalu tombol P kemudian pilih menu “Duplicate”

2. Dengan Kabel VGA

Jika kalian memiliki sebuah laptop dan TV untuk versi lama, kemungkinan besar kalian akan menemukan sebuah port VGA di keduanya. VGA memang kualitasnya tidak sebaik HDMI, karena untuk kualitas videonya mempunyai resolusi rendah. Sayangnya hanya dapat menghubungkan untuk sinyal video saja, yang berarti kalian akan memerlukan sebuah kabel terpisah dimana untuk menangani audio. Berikut cara mudahnya:

  1. Hubungkan laptop pada TV dengan menggunakan kabel VGA.
  2. Hubungkan untuk kedua perangkat memakai kabel audio 3.5mm.
  3. Nyalakan untuk kedua perangkat. Pilih untuk input PC ataupun RGB pada TV dengan remote.
  4. Koneksi antara keduanya harus dibuat dengan cara otomatis. Buka Pengaturan (Setting) > System > Display serta pastikan “TV” telah dipilih. Pada menu ini juga kalian dapat mengatur resolusi.
  5. Setelah selesai, tekan pada tombol Windows serta tombol P kemudian pilih menu “Duplicate”.

3. Cara Menyambungkan Laptop ke TV Dengan USB-C

Jika laptop kalian memiliki sebuah port USB-C, kalian akan memiliki sejumlah opsi. Bisa menyambungkannya pada TV dengan cara langsung lewat kabel USB-C, tapi tentu saja hanya bila TV tersebut jugatelah memiliki port USB-C.

Namun, harus juga diperhatikan bahwasanya tidak semua untuk port USB-C akan dapat membawa sebuah sinyal video, jadi pastikan dahulu untuk memeriksanya sebelum kalian membeli sebuah kabel USB-C.

Cara kedua ialah dengan membeli adaptor USB-C pada HDMI. Colokkan untuk kabel USB-C pada laptop kalian serta kabel HDMI pada TV. Kemudian colokkan untuk ujung lain daripada kabel HDMI pada adaptor dimana untuk menghubungkan dua perangkat secara bersamaan.

4. Dengan Wireless atau Nirkabel

Jika kalian tidak ingin pusing berurusan dengan kabel yang mana dirasa mengganggu, menyambungkan laptop pada TV dengan cara wireless ialah solusi tepat. Tapi kalian memerlukan sebuah perangkat streaming media, seperti Google Chromecast ataupun Roku Streaming Stick Plus.

Termasuk untuk menggunakan TV Android, karena memiliki sebuah Chromecast built-in. Berikut cara untuk menyambungkan laptop pada TV dengan cara nirkabel melalui Chromecast:

  1. Chromecast telah dilengkapi dengan sebuah kabel ekstensi HDMI. Dimana nantinya akan digunakan sesuai pada lokasi sebuah port HDMI di TV. Namun, untuk kabel HDMI tersebut tidak disambungkan langsung pada laptop ataupun perangkat yang dimana nantinya akan menjadi sebuah remote control TV. Hubungkan kabel tersebut pada port HDMI di TV, lalu hubungkan untuk ujung lainnya pada port USB dimana yang tersedia pada TV.
  2. Nyalakan TV. Jika TV tidak dapat mendeteksi Chromecast dimana yang sudah dipasang, coba pindahkan pada input yang tepat. Gunakan sebuah remote control TV dimana untuk memilih suatu input HDMI yang kompatibel dengan Chromecast.
  3. Apabila kalian menggunakan sebuah perangkat Android ataupun iOS, cari “Chromecast” pada Google Play Store ataupun App Store, lalu install aplikasi tersebut. Namun, jika kalian menggunakan sebuah laptop Windows ataupun Mac, bisa langsung masuk pada halaman browsing kemudian masuk pada google.com/chromecast/setup.
  4. Setelah berhasil untuk install aplikasi Chromecast, kemudian buka serta tekan “Set-Up” dimana untuk dihubungkan pada jaringan Wi-Fi. Pilih negara, dan pilih Next.
  5. Tunggu beberapa waktu hingga aplikasi pada perangkat kalian berhasil terhubung pada Chromecast. Lalu verifikasi kode dimana yang sama pada TV serta perangkat yang dipakai sebagai remote control. Terakhir, ubah pada nama default.

5. Cara Menyambungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel

Menyambungkan laptop pada TV tanpa kabel berikut ini khusus untuk perangkat MacBook atau komputer Mac dimana memang telah mengusung MacOS. Selain itu, untuk terhubung tanpa kabel harus dengan adanya syarat pendukung, yaitu AirPlay 2. Beberapa yang dapat melakukan ini, seperti Apple TV, Apple TV 4K, serta TV dari Samsung, Sony, LG, yang keluaran terbaru yaiti dari tahun 2019 ke sini. Berikut caranya:

  1. Perangkat MacBook serta Apple TV pastikan berada pada sebuah jaringan yang sama.
  2. Nyalakan Apple TV serta aktifkan AirPlay. Caranya, kalian masuk pada pengaturan Apple TV, kemudian pilih AirPlay, dan pilih menu “Everyone”.
  3. Nyalakan AirPlay pada perangkat Macbook.
  4. Selanjutnya, buka pada menu utama Apple. Pilih Preferensi Sistem, klik Tampilan, lalu pilih Tab Tampilan.
  5. Kemudian, pilih opsi “AirPlay Display”. Pilih “On”. Kemudian centang “Tampilkan opsi pencerminan di bilah menu bila tersedia”.
  6. Klik menu “AirPlay” dimana yang terletak di kotak, dengan tanda segitiga di dalamnya. Dimana berada pada sudut kanan bagian atas layar Mac kalian. Kemudian akan tampil pilihan menu.
  7. Kemudian pilih untuk nama TV. Setelah itu, di bawah “AirPlay To”, pilih “Apple TV” dimana sebagai tempat kalian ingin mencerminkan sebuah layar Mac. Hingga akhirnya untuk tampilan MacBook kalian akan tersambung pada Apple TV.
  8. kalian juga dapat mematikan AirPlay. Caranya pilih “AirPlay”, lalu pilih opsi “icon” serta pilih opsi “Turn AirPlay Off in the drop-down menu”.

Baca Juga: Cara Mengatasi Oli Mesin Motor Rembes

Gimana? sekarang sudah pahamkan cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel HDMI dan tanpa kabel. Sebenarnya semua cara tersebut mudah dilakukan asalkan Anda memperhatikan setiap petunjuk yang sudah kami siapkan di artikel ini.

Sekian artikel dari CelenganOnline.com terimakasih sudah berkunjung diwebsite kami.

Tinggalkan Balasan