Tutorial Resume Yang Membuat Security Diterima Perusahaan

2 min read

tutorial resume yang membuat securty diterima perusahaan

Resume merupakan salah satu berkas penting yang harus ada dalam melamar kerja. Pentingnya resume ini menjadi penentu Anda untuk diterima di perusahaan tempat Anda melamar kerja. Sehingga resume memiliki peran penting dan harus Anda buat dengan baik dan menarik.

Resume sekuriti harus dibuat dengan mengisi data pribadi Anda. Selain itu resume untuk melamar kerja menjadi sekuriti ini juga bisa Anda isi dengan penghargaan dan keberhasilan yang pernah capai. Tentunya yang sesuai dengan tema dan sejalan dengan keinginan perusahaan tersebut.

Yuk Simak Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Resume

Berikut ini penjelasan tentang hal yang wajib anda perhatikan saat membuat resume sekuriti. Simak dan aplikasikan untuk lamaran kerja nantinya:

  • Menyusun Resume dengan Baik dan Menarik

Saat membuat resume perhatikan susunan tata letak setiap poin yang akan Anda bahas. Buat resume dengan memfokuskan tentang data diri dan prestasi yang Anda miliki dan sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda inginkan.

Baca Juga:

Selain itu Anda bisa memilih data prioritas yang ingin Anda munculkan lebih banyak atau lebih menonjol. Sesuaikan dengan tingkat kepentingan data tersebut. Sebelumnya pelajari tentang perusahaan tempat Anda melamar dan Anda bisa memfokuskan data terpenting pada bagian mana yang harus lebih banyak Anda bahas. 

Lanjutkan di paragraf berikutnya dengan data yang memiliki tingkat prioritas yang lebih rendah dan seterusnya. Sehingga resume Anda bisa menjadi lebih menarik dan mudah untuk dibaca dan dimengerti.

  • Gambarkan Skill Anda yang bisa Menguntungkan Perusahaan

Hal penting berikutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu pusatkan keahlian Anda pada resume yang Anda tulis. Gambarkan skill Anda dengan baik dan lebih detail, kemudian deskripsikan skill Anda yang bisa menguntungkan bagi perusahaan tersebut apabila Anda diterima bekerja. 

Jelaskan masing-masing skill yang Anda miliki dan kaitkan dengan keuntungannya dengan perusahaan. Hal ini bisa menjadi nilai plus untuk perusahaan, sehingga Anda bisa dipanggil untuk tahap wawancara atau tahap berikutnya. 

  • Menulis Resume dengan Jujur

Jujur menjadi salah satu hal terpenting dalam menulis resume. Jangan sampai saat menulis resume Anda terlalu melebih-lebihkan prestasi dan skill Anda sehingga saat wawancara dan menjalankan tes, Anda terbukti tidak terlalu memahami skill tersebut. Sehingga menulis resume dengan jujur sangat diperhatikan oleh perusahaan. 

Tulislah pengalaman kerja, skill dan prestasi Anda dengan jujur. Tambahkan dengan melampirkan sertifikat dan penghargaan supaya perusahaan mempercayai hal yang Anda tulis di resume Anda. 

  • Tulislah Hal yang Penting Saja

Saat menulis dan mendeskripsikan prestasi atau pengalaman yang Anda miliki, usahakan untuk tidak menulis semua secara langsung di resume Anda. Perhatikan posisi yang diinginkan dalam perusahaan dan jika pengalaman, prestasi dan skill yang Anda miliki mendukung di perusahaan tersebut maka bisa Anda tulis dengan baik dan detail. 

Menulis keseluruhan prestasi, skill dan pengalaman yang Anda miliki tanpa mengecek hubungannya dengan posisi yang diminta oleh perusahaan dapat membuat resume Anda tidak terlalu diperhatikan oleh HRD dalam perusahaan tersebut. Sehingga membuat resume yang singkat dan lengkap dapat menjadi salah satu penarik perhatian.

  • Menulis Resume dengan Rapi

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat resume sekuriti berikutnya yaitu menulis dengan rapi dan baik. Misalkan dimulai dengan penulisan judul resume. Tulis judul resume pada posisi yang tepat. Buat judul resume yang sesuai dengan posisi yang Anda inginkan pada perusahaan tersebut. Hal ini selain to the point, juga sangat efektif supaya resume Anda langsung dibaca. 

Hal ini bisa Anda ketahui dari informasi lowongan kerja yang Anda dapatkan. Anda bisa mencari posisi pekerjaan yang sesuai dengan resume yang Anda miliki. Tentukan posisi yang Anda minati dan mendukung dengan resume Anda. 

Buat dengan jelas judul tersebut supaya tidak ambigu dan tidak membingungkan. Sehingga para HRD bisa langsung paham maksud dan tujuan dari resume yang Anda buat. Selain itu perusahaan juga bisa langsung mengetahui kemampuan yang Anda miliki.

Hal berikutnya yaitu memperhatikan cara penulisan resume yang baik, misalkan penentuan font saat menulis. Gunakan font yang formal untuk melamar kerja di perusahaan besar, gunakan font yang kreatif dan tidak kaku jika melamar di perusahaan yang menjurus ke arah tersebut. 

  • Surat Rekomendasi 

Surat rekomendasi merupakan salah satu hal yang penting dan perlu Anda perhatikan saat menulis resume. Melampirkan surat rekomendasi dari dosen, atasan atau lainnya. 

Surat rekomendasi bisa menjadi salah satu hal yang bisa meyakinkan perusahaan bagi Anda pelamar kerja. Pembuatan surat rekomendasi bisa menambah kredibilitas Anda saat mencari kerja. Sehingga bisa menguatkan resume Anda. 

Baca Juga: Cara Download Video Capcut Tanpa Watermark

Itulah hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat resume sekuriti yang bisa menjadi pendukung diterimanya resume Anda saat melamar kerja. Perhatikan hal-hal kecil tersebut di atas sebelum menulis resume supaya tidak menyesal dikemudian hari.

Semoga tutorial resume dari kami bisa bermanfaat untuk Anda semua.