Perbedaan Hosting, Server dan Domain? Simak Disini

2 min read

perbedaan hosting server dan domain

Hosting, server dan domain merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi Anda yang mempelajari pembuatan website. Ketiga hal tersebut mempunyai fungsi yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Apalagi beberapa orang seringkali mencari platform yang menjual hosting murah. Namun, tahukah Anda bahwa ada perbedaan server dan hosting serta domain?

Bagi Anda yang belum lama kenal dengan pembuatan website mungkin belum terlalu paham tentang perbedaan dan fungsinya masing-masing. Untuk meningkatkan pengetahuan Anda jangan lewatkan informasi di bawah ini.

Perbedaan Server, Domain dan Hosting

Membahas masalah perbedaan antara server, domain dan hosting juga bisa Anda ketahui dari memahami definisinya. Meskipun ada beberapa jasa di internet yang menawarkan hosting murah, dan ada domain gratisan. Tetapi, tetap saja Anda perlu tahu fungsi dan perbedaanya. Berikut penjelasannya

Apa itu server

Pertama Anda perlu mengetahui terlebih dulu apa yang dimaksud dengan server? Hardware dan software dalam sebuah jaringan sistem komputer yang berguna untuk merespon saat ada permintaan disebut dengan server.

Baca Juga:

Peran server juga bisa untuk mengendalikan akses file yang terdapat di website melalui software (perangkat lunak). Biasanya software yang dipakai untuk server meliputi apache tomcat, sun java system, Microsoft windows dan sebagainya.

Lalu apakah perbedaan server dan hosting? Perbedaanya yaitu server fungsinya untuk menyediakan layanan agar bisa terhubung di website yang dituju yang datanya tersimpan di Hardware, sedangkan hosting berperan sebagai penyimpanan data dalam website.

Apa itu domain

Komponen penting yang harus ada dalam website adalah domain. Domain merupakan nama yang dipakai untuk identitas server website. Nama yang diterapkan di domain ada beberapa ekstensi yang bisa Anda pilih, misalnya yaitu .com, .co.id, .biz, .online dan lain sebagainya.

Fungsi dari domain ini untuk memudahkan komputer untuk mengenali server. Setidaknya ada 3 macam domain yang perlu Anda tahu. Pertama yaitu top level dengan nama berekstensi .com dan .net. Kedua adalah second level domain yaitu nama yang bertuliskan setelah ekstensi (.com).

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan domain ada masa berlakunya. Setelah pendaftaran domain yang Anda pilih akan aktif selama 1 tahun. Jadi agar bisa dipakai kembali Anda perlu melakukan perpanjangan. Perpanjangan ini akan dikenai biaya yang lebih tinggi daripada awal Anda membelinya.

Terakhir yaitu Subdomain atau dikenal dengan Third level, ini menunjukan nama yang terletak di awal URL. Domain tidak bisa Anda miliki secara permanen, oleh karena itu Anda perlu membayar sewa untuk menggunakannya.

Ada domain tentu ada pula hosting dalam sebuah website. Perbedaan domain dan hosting terletak pada apa? Jelas perbedaan antara domain dan hosting yaitu pada fungsinya. Untuk lebih detailnya Anda bisa menyimak terlebih dahulu pengertian dari hosting.

Apa itu Hosting

Pengertian hosting adalah layanan untuk mengolah situs pada website dan menyimpan data-data yang ada didalamnya. Keberadaan data di website tersebut disimpan di server. Server dan hosting memang sama-sama sebagai penyimpanan data.

Perbedaan hosting dan server adalah dibentuk penyimpanannya. Penyimpanan di server menggunakan hard disk, processor dan RAM. Sedangkan di hosting sistem penyimpanannya adalah cloud. Hosting terdiri dari beberapa jenis seperti Cloud Based Hosting, Dedicated, Shared, VPS dan WordPress Hosting.

Fungsi dari hosting juga untuk membuat website Anda tetap dalam keadaan online. Selain itu fungsi lainnya adalah sebagai redirect DNS saat mengakses link di website yang ada dalam web hosting.

Kembali membahas perbedaan domain dan hosting dari fungsinya. Fungsi hosting untuk menyimpan data yang ada di website, sedangkan domain adalah alamat yang digunakan untuk terhubung di website Anda. Sederhananya domain dipakai sebagai penghubung antara client dan server.

Domain dan hosting sifatnya adalah saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Hal ini dikarenakan tidak akan ada hosting bila dalam website tersebut tidak mempunyai domain. Jika Anda berminat mengembangan website untuk bisnis pastikan memilih hosting dan domain yang terpercaya.

Baca Juga: Fungsi Web Hosting

Kesimpulan

Keberadaan hosting, server dan domain adalah bagian yang selalu ada di sebuah website. Meskipun ada Perbedaan hosting dan server juga domain itu hanya terletak pada fungsinya untuk website. Jadi sudah tidak bingung lagi bukan jika ditanya perbedaan dari ketiganya?

Layanan hosting dan domain memang ada yang bisa Anda coba secara gratisan.Namun karena gratis tentu sifatnya terbatas dan keamananya tidak ada yang menjamin. Berbeda dengan hosting dan domain yang berbayar. Saat ini sudah ada jasa hosting murah yang bisa Anda coba seperti di Niagahoster.

Jasa hosting tersebut bisa Anda temukan di https://www.niagahoster.co.id. Di Niagahoster menawarkan layanan web hosting yang lengkap dan terpercaya. Anda tidak perlu khawatir masalah kredibilitasnya, karena disini sudah menangani lebih dari 52 ribu pengusaha di Indonesia.

Masalah harga pun disini disediakan beberapa pilihan harga. Fitur hosting disini bisa Anda gunakan mulai dari mengeluarkan uang sebesar Rp. 10 ribu hingga Rp. 100 ribu per bulan. Jadi Anda bisa menyelesaikannya dengan dana yang dimiliki dan fasilitas yang dibutuhkan.

Selain web hosting bagi Anda yang sedang ingin mencari domain untuk website di Niagahoster juga ada. Harganya juga cukup terjangkau bagi pemula dan pilihannya juga beragam. Jadi, bagi Anda yang penasaran bisa langsung berkunjung ke websitenya untuk mencari informasi lengkapnya.