Mengenal Bahasa Pemrograman Java Untuk Pemula

2 min read

Mengenal Bahasa Pemrograman Java Untuk Pemula

Programmer merupakan profesi yang paling diminati di era digital seperti sekarang. Apalagi perkembangan teknologi dan kecepatan informasi semakin pesat sehingga semua orang menganggap profesi programmer sebagai passion. Kamu yang ingin belajar bahasa pemrograman secara otodidak atau mengambil jurusan kuliah yang berkaitan, maka tidak ada salahnya untuk belajar mengenal apa itu Java.

Sebagai salah satu bahasa pemrograman yang powerful, kamu perlu belajar mengenal bahasa pemrograman yang memiliki moto “Write Once, Run Anywhere”. Bila sudah menguasai bahasa komputer satu ini, kamu bisa membentuk berbagai aplikasi mulai desktop, mobile, website, hingga aplikasi pada perangkat pintar menggunakan layanan VPS murah dari provider web hosting terbaik di Indonesia

Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrograman Java 

Java merupakan bahasa pemrograman yang memiliki keunggulan tingkat keamanan tinggi. Biasanya bahasa pemrograman ini dipakai untuk mengembangkan back-end dari software, aplikasi Android dan website yang mampu dijalankan tanpa harus disusun ulang sesuai platform tersebut. 

Sejarah bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di PC atau perangkat pintar ini pertama kali dikembangkan dalam The Green Project tahun 1991. Sun Microsystems sebagai produsen perangkat lunak yang berasal dari Santa Clara, California yang beranggotakan James Gosling, Patrick Naughton dan Mike Sheridan memiliki misi menciptakan bahasa pemrograman yang lebih bagus dibandingkan bahasa pemrograman sebelumnya C dan C++.

Baca Juga:

Para programmer berhasil menciptakan bahasa pemrograman yang diberi nama Oak, tapi kemudian Oak berganti nama menjadi Java pada tahun 1995 sebab Oak telah didaftarkan sebagai merek dagang dari Oak Technology. Terinspirasi dari java coffee, tidak heran kalau logo bahasa pemrograman Java adalah secangkir kopi.

Java sendiri memiliki keunggulan berupa kemampuan berjalan dalam sistem operasi yang berbeda. Setiap kode program yang ditulis bisa digunakan langsung pada platform yang berbeda tanpa harus melakukan penyusunan ulang. Hal ini dikarenakan kode program Java  disimpan dalam file berekstensi java.

Kamu bisa mengubah file berekstensi java menjadi file berekstensi java class menggunakan javac compiler, kemudian file berekstensi class disebut bytecode yang bisa dipakai di seluruh JVM atau Java Virtual Machine.

Alasan Kamu Wajib Menguasai Bahasa Pemrograman Java

Bagi kamu yang ingin belajar menjadi programmer handal, maka perlu belajar dari banyak media baik otodidak atau mengikuti kursus dan pendidikan formal lain. Mengikuti atau gabung komunitas programmer bisa membantu usaha kamu memahami apa itu java, fungsi dan pemanfaatannya. Berikut rangkuman manfaat bahasa pemrograman Java untuk membuat berbagai bentuk aplikasi di PC atau perangkat seluler yaitu :

1.Lebih mudah digunakan

Asal muasal bahasa pemrograman Java berasal dari bahasa pemrograman C++ yang cukup kuat. Meskipun demikian, bahasa pemrograman C++ tidak cukup kuat untuk kebutuhan Java sehingga kamu bisa memakai bahasa pemrograman yang lebih meningkat. Bila kamu sudah mempelajari bahasa pemrograman C++, maka belajar bahasa pemrograman Java akan lebih mudah. 

2.Termasuk dalam pemrograman OOP

Alasan kamu perlu belajar dan menguasai bahasa pemrograman Java karena tergolong dalam pemrograman OOP atau Object Oriented Programming. Artinya bahasa pemrograman Java bertujuan untuk memudahkan para programmer dalam menyusun atau membuat sebuah program. 

Dengan adanya OOP,maka programmer akan di untungkan dari segi kecepatan pembuatan aplikasi. Selain itu juga bisa meminimalisir dan membuat tatanan program menjadi rapi.

Dari segi maintenaince kode juga lebuh berkembang dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

3.Memiliki tingkat keamanan tinggi 

Alasan menggunakan bahasa Java karena memiliki tingkat keamanan tinggi. Tidak hanya itu saja, pencipta bahasa pemrograman  ini juga memberikan layanan bertukt data lewat internet.

Hingga saat ini sangat jarang ada kabar virus atau malware yang menyerang aplikasi yang menggunakan bahasa Java.

4.Cocok digunakan untuk berbagai aplikasi 

Kemajuan teknologi, menjadikan bahasa pemrograman java bisa dipakai di berbagai sistem operasi. Jangan heran bila Java biasa digunakan untuk ragam aplikasi mobile, aplikasi desktop, aplikasi web, server dan aplikasi web, game, koneksi database, dan lain-lain. 

Belajarlah bahasa pemrograman Java mulai saat ini. Meski ada banyak bahasa pemrograman yang lain, bahasa pemrograman Java menawarkan keamanan tinggi sehingga kamu harus menguasainya dengan baik. 

Belajar bahasa pemrograman Java yang memiliki tiga komponen yaitu Java Development Kit (JVK),  Java Virtual Machine (JVM) dan  Java Runtime Environment (JRE) bisa kamu pelajari secara otodidak menggunakan internet. 

Namun, tidak ada salahnya kamu belajar secara serius pada programmer yang lebih ahli di bangku formal atau non formal lain. Dengan mengenal bahasa pemrograman java secara sederhana bisa membantu kamu belajar menguasai materi lebih optimal. 

Pahami bahasa pemrograman java dasar dan jadilah yang mampu menyusun aplikasi atau program terbaru yang lebih inovatif. 

Itulah ulasan dari celenganonline tenang manfaat mengenal bahasa pemrograman java untuk masa depan!