Cara Mengatasi LCD Laptop Tidak Menyala

1 min read

cara mengatasi laptop tidak menyala

Beberapa orang bingung karena LCD Laptop mereka mati secara tiba-tiba. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengatasi LCD Laptop tidak menyala.

LCD Laptop yang mati secara tiba-tiba biasanya disebabkan karena menginstall aplikasi yang ilegal, baterai drop dan memori yang penuh sehingga menyebabkan mesin Laptop tidak menyala.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi LCD Laptop tidak mau hidup adalah dengan menekan tombol powers sehingga mesin Laptop mati. Namun sebenarnya masih banyak cara yang bisa Anda lakukan,

Dengan menekan tombol power kurang lebih 10 detik akan membuat Laptop Anda mati secara paksa. Saat ini Anda harus menunggu beberapa saat supaya mesin menjadi dingin.

Setelah beberapa menit biasanya 5 menitan, Anda bisa menghidupkan kembali Laptop dan lihatlah apakah LCD tetap tidak menyala atau sudah berhasil hidup kembali.

Baca Juga:

Apabila LCD Laptop saat ini masih mati, maka Anda harus membaca ulasan yang ada dibawah ini.

Penyebab LCD Laptop Tidak Menyala

Sebenarnya masih banyak yang belum mengerti apa penyebab LCD Mati secara tiba-tiba. Nah pada kesempatan ini Anda akan mengetahui penyebabnya dari artikel ini.

Kami akan mencoba menyebutkan beberapa hal yang membuat LCD laptop tidak menyala. Diantaranya adalah RAM rusak, LCD, IC VGA,  dan Hardware. Selain itu ada juga penyebab lain seperti pengaturan sistem pada Laptop yang kurang tepat.

Tetapi yang sering terjadi adalah saat memasang RAM posisinya kurang tepat atau longgar, terdapat kotoran pada RAM dan juga kerusakan RAM.

Meski banyak yang menganggap bahwa RAM ini merupakan komponen Laptop yang tergolong aman tapi bisa saja RAM mengalami kerusakan karena terdapat kotoran.

Oleh karena itu untuk mengatasi LCD Laptop mati Anda harus memeriksa RAM. Karena posisi RAM berada di dalam Casing CPU maka mau tidak mau Anda harus membongkarnya.

Atau Anda juga bisa memperhatikan cara mengatasi LCD Laptop tidak menyala karena RAM rusak berikut ini.

Cara Mengatasi LCD Laptop Tidak Menyala

Pada Laptop keluaran lama posisi RAM berada ditempat yang terpisah. Sehingga Anda hanya cukup membuka tempat RAM-nya saja. Tetapi ada juga yang posisi RAM-nya menjadi satu dengan CPU sehingga Anda harus membongkarnya.

Apabila Anda ingin melepas RAM maka kami sarankan kepada Anda untuk melepas baterainya terlebih dahulu. Jika Laptop menggunakan baterai tanam maka Anda harus membongkar semuanya dan melepas konektor baterai yang terpasang pada Laptop.

Untuk langkah mengatasi LCD Laptop yang rusak dan tidak mau hidup karena RAM rusak Anda bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

  1. Pertama, silahkan Anda mencabut RAM yang terpasang. Setelah itu Anda bisa memasangnya kembali dan cek apakah LCD sudah mau menyala apa belum.
  2. Kemudian Anda bisa mencoba melepas satu persatu RAM apabila menggunakan 2 RAM.
  3. Jika slot yang ke-1 tidak mau hidup maka Anda bisa mencoba slot yang ke-2.
  4. Pada intinya yaitu Anda bisa mencoba melepas dan memasang kembali RAM dan bisa menukar posisi RAM.
  5. Apabila LCD masih tidak menyala coba Anda mengganti dengan RAM yang baru.

Baca Juga: Cara Menghapus Recycle Bin di Xiaomi

Demikianlah cara mengatasi LCD Laptop tidak menyala yang disebabkan karena RAM, IC VGA dan LCD yang rusak. Silahkan ikuti tutorial diatas supaya LCD di Laptop Anda sekarang bisa hidup kembali.

Tinggalkan Balasan