Ingin Menggunakan Aplikasi LMS? Ketahui Keunggulan & Kekurangannya di Sini

2 min read

aplikasi lms

Aplikasi Learning Management System (LMS) merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membuat proses operasi pembelajaran, pelatihan, hingga pengembangan untuk berbagai instansi menjadi lebih praktis dan optimal. Terlebih di bidang bisnis, aplikasi LMS sangat membantu perusahaan dari berbagai latar belakang industri dalam menjalankan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) masing-masing.

Apabila saat ini Anda ingin beralih menggunakan aplikasi LMS dalam menjalankan operasi pelatihan SDM perusahaan. Anda perlu mengetahui keunggulan dan kekurangan dari sebuah aplikasi LMS.

Berikut adalah penjelasan mengenai keunggulan dan kekurangan aplikasi Learning Management System.

Keunggulan Aplikasi Learning Management System 

Adapun keunggulan aplikasi LMS di antaranya: 

  • Membuat operasi pembelajaran/pelatihan menjadi sederhana: Perangkat lunak LMS mampu membuat kegiatan pelatihan atau pembelajaran yang dilakukan perusahaan lebih efisien. Dengan LMS, pengguna cukup membuat atau mengunggah kursus ke server jarak jauh berbasis cloud, dan memantau karyawan saat mempelajari materi. LMS juga membantu perusahaan dalam melacak kemajuan karyawan dan memberikan dukungan tambahan sesuai kebutuhan.
  • Menyediakan akses tanpa batas untuk materi e-learning: Aplikasi LMS memberikan karyawan akses ke materi pembelajaran pada satu tempat dari perangkat apa pun dan kemampuan untuk mengakses kembali berbagai konten lain sesuai kebutuhan.
  • Mampu menggabungkan seluruh informasi pelatihan secara mudah: LMS memungkinkan pengguna untuk menggabungkan semua materi pelatihan/pengembangan ke dalam satu tempat penyimpanan sehingga karyawan dapat mengaksesnya dengan mudah. Selain itu, pengguna juga bisa menentukan materi apa saja yang di butuhkan secara khusus. 
  • Mengurangi biaya pengembangan atau pelatihan karyawan: Untuk institusi pendidikan dan bisnis, e-learning merupakan metode pembelajaran yang hemat biaya. Dengan menggunakan aplikasi Learning Management System, organisasi pengguna tentu saja dapat menekan pengeluaran biaya tambahan seperti sewa ruang kelas, transportasi, jasa instruktur atau pelatih, buku, perlengkapan tulis, dan akomodasi lainnya.
  • Menghemat waktu: Keunggulan yang paling condong terlihat lewat penerapan aplikasi Learning Management System adalah lebih sedikit waktu yang terbuang dalam pelaksanaan pengembangan/pelatihan karyawan. Artinya aplikasi LMS mampu siswa secara teratur sesuai jadwal yang telah di tetapkan. Pembelajaran juga jauh lebih efisien, karena tidak perlu lagi berpindah-pindah tempat ataupun aktivitas yang bersifat membuang-buang waktu.
  • Mudah di perbarui: Aplikasi Learning Management System bersifat mudah di perbaharui karena telah berpedoman pada sistem cerdas dan praktis. Sehingga tidak membingungkan penggunanya ketikan menjalankan aplikasi tersebut. 
  • LMS dapat di sesuaikan: LMS memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk dapat secara penuh menyesuaikan sistem manajemen masing-masing sesuai kebutuhan. Hal ini agar tujuan dari operasi pelatihan atau pengembangan karyawan mampu mencapai target yang telah di tentukan. Misalnya mengubah tampilan antarmuka pengguna, modifikasi fitur, dan lainnya.

Kekurangan Aplikasi Learning Management System 

Berikut adalah sejumlah kekurangan dari aplikasi LMS.

Baca Juga:
  • Biaya administrasi dan waktu penyiapan tergolong besar: Mempelajari cara menerapkan sistem LMS mungkin memerlukan banyak waktu. Mengenalkan aplikasi LMS kepada seluruh instruktur perusahaan tentu memerlukan masa transisi.  Hal inilah yang menyebabkan biaya administrasi atau persiapan penggunaan aplikasi Learning Management System terbilang mahal. Meski begitu, perusahan hanya perlu mengeluarkan biaya tambahan tersebut di awal proses pengimplementasian saja.
  • Membutuhkan pengetahuan IT dan pemrograman: Kelemahan terbesar untuk dapat menerapkan aplikasi LMS adalah bahwa perusahaan pengguna wajib memiliki keahlian serta pengetahuan terkait coding dan IT. Guna menyesuaikan platform LMS agar dapat memenuhi kebutuhan pelatihan terhadap karyawan. 
  • Fitur yang Dimiliki Berpeluang Kurang Lengkap: Kekurangan terakhir dari aplikasi Learning Management System adalah potensi terkait minimnya atau ketidaklengkapan fitur yang di tawarkan. Hal tersebut tentu saja bisa menjadi kerugian tersendiri bagi pengguna. Maka dari itu, penting bagi pengguna untuk dapat memfilter vendor aplikasi LMS mumpuni yang mampu memenuhi kebutuhan perusahaan dengan sangat baik.

Demikian penjelasan mengenai topik pada artikel kali ini. Semoga dapat memberikan wawasan tambahan bagi Anda yang tengah ingin beralih memanfaatkan aplikasi LMS.

Source: https://www.linovhr.com/pengertian-dan-manfaat-e-learning/